Mengenal Kabupaten Berau Kalimantan Timur


Halooooo....haaaiiiii.....Salam!
Selamat datang di blog saya, ini tulisan pertama saya, disini saya akan mereview dan memberikan informasi secara singkat tentang Kabupaten Berau. Mengingat pengalaman saya yang tidak tau apa-apa tentang Kabupaten ini karena review di Internet sedikit, keadaan mendesak harus pindah dalam waktu dekat karena suami mutasi pekerjaan, so saya pun berinisiatif untuk menulis review ini dan semoga bermanfaat!

·      Sekilas tentang Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Kabupaten Berau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan TimurIndonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Redeb. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 34.127,47 km² dan berpenduduk sebesar kurang lebih 179.079 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). (Wikipedia, Kab. Berau)


Peta yang dilingkari garis merah itulah lokasi Kabupaten Berau (Souce : Google Map)
·      Transportasi menuju Kabupaten Berau

Untuk menuju ke Kabupaten Berau dapat ditempuh melalui transportasi Darat, Laut, dan Udara, namun untuk transportasi Laut maaf saya kurang tau estimasi  jarak dan biayanya.

Pelabuhan Tanjung Redeb (Doc. Pribadi)

Untuk transportasi darat rute Balikpapan menuju Berau atau sebaliknya menghabiskan waktu sekitar 14jam perjalanan menggunakan roda 4 atau roda 2, jalur rutenya dapat dilihat di Google Map dan pengalaman saya serta suami pernah mencoba lewat jalan darat modal Google Map dan rute ini cukup terpercaya, jalanan sepanjang Balikapapan-Tj. Redeb pun cukup bagus utk dilalui mobil atau motor krn jarang ada jalanan yg rusak parah. Nah untuk rute Samarinda-Berau atau sebaliknya memakan waktu sekitar 12 jam perjalanan menggunakan roda 4 atau roda 2, jalurnya dapat di lihat di google map ya, kondisi jalanannya juga cukup baik untuk di lewati mobil atau motor. Untuk yg ingin menggunakan jasa travel/bus, tenang aj, ada kok travel/bus Balikpapan-Tj Redeb dengan biaya sekitar 400rb.
Untuk transportasi udara menggunakan Pesawat ke Kabupaten Berau dengan rute dari luar maupun dalam Kalimantan semua transit dan jalurnya melalui Balikpapan, estimasi biaya pesawat dari Balikpapan-Berau hari normal sekitar 500-600an ribu, Berau-Balikpapan sekitar 450-500an ribu, untuk tanggal merah khususnya saat hari raya jangan kaget jika biaya pesawat melonjak hingga 2-3xlipat dari harga biasa dan itupun booking tiketnya saya sarankan sebaiknya dari beberapa bulan sebelum hari raya krn ga cuma km sendiri yg mau mudik di hari raya.

Badar Udara Kalimarau Kabupaten Berau (Source : Google)

·      Gambaran, Suasana, dan Fasilitas di Kota Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur
Nah, untuk suasana kota Tanjung Redeb ini cukup ramai, taksi bandara dan angkot ada,  jalan raya rata-rata beraspal dan cor, listrik 24 jam, air PDAM 24 jam, sinyal ada 24 jam (saya pakai Telkomsel & XL), fasilitas internet memadai karena sudah ada wifi id dan indyhome 24jam, pasar besar bersih, harga barang terutama sembako kurang lebih standar aja tergantung belinya dimana, mini market dan supermarket tersedia banyak tapi jangan cari Indomaret atau Alfamart krn disini ga ada, tersedia juga cafe2 buat yang mau nongkrong dan jangan cari mall yaa krn disini belum ada, terus blm tersedia juga J.CO, Starbuck, KFC, mc.donald, pizzahut, mungkin someday, hahahah , buat yang pengen jajan atau beli makanan tapi males keluar disini juga tersedia order makanan delivery via oke jack loh tinggal download aplikasinya aj di hp kamu, dan disini tuh buanyaaaakk tempat wisata yg berbau alam.
Untuk tempat tinggal, jika ingin menetap selamanya saya kurang tau untuk estimasi harga tanah dan rumah KPR disini, tapi kalau hanya tinggal sementara (menetap 1-2tahun aj) tersedia rumah kontrakan dengan harga mulai dari 800anribu-up dan itu pun rumah kosongan ya, ada juga rumah kontrakan yang sudah tersedia dengan fasilitasnya dengan harga mulai dari 1,3jt-up, untuk teman-teman yg hanya mampir sebentar cuma 1-2 hari disini juga banyak loh Hotel dengan biaya mulai dari 150an ribu-up.


Pasar Sanggam Adji Diyalas (Doc. Pribadi)

Kondisi jalan pada siang hari (Doc. Pribadi)

·      Fasilitas Tempat Ibadah
Untuk fasilitas tempat ibadah di kota ini cukup lengkap, ada mesjid Agung, Gereja Kristen Protestan, Gereja Katolik, Pura, dan Vihara, yang pengen ibadah pokoknya jangan khawatir karena disini tempat ibadahnya juga lengkap ga kalah dibanding kota-kota lain.

Masjid Agung Baitul Hikmah Tj. Redeb, Berau (Source : Google)

Tri Dharma Tj. Redeb (Doc. Pribadi)

·      Fasilitas Pendidikan
Untuk fasilitas pendidikan disini jenjangnya cukup lengkap mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas, SLB juga ada, jadi untuk teman-teman yng sudah berkeluarga kebetulan akan mutasi atau pindah ke sini jangan khawatir untuk pendidikan anaknya.

·      Fasilitas Kesehatan
Fasilitas kesehatan pun juga cukup lengkap, mulai dari Rumah Sakit Umum, Puskesmas, Klinik Bersalin dan Praktek Dokter Kandungan, Praktek Dokter Umum, Praktek Dokter Gigi, Bidan Praktik Swasta, so jangan khawatir.

·      Fasilitas Olahraga dan Tempat Hiburan
Fasilitas tempat hiburan dan olahraga umum dalam kota Tj Redeb :
o   Taman cendana
o   Lapangan sepak bola
o   Lapangan basket
o   Lapangan tenis
o   Lapangan GOR
o   Tepian Teratai
o   Tepian Segah
Kondisi Tepian Segah pada siang hari (Doc. Pribadi)

o   Taman Sanggam
o   Tepian Sambaliung
Kondisi Tepian Sambaliung pada sore menjelang senja (Doc. Pribadi)

Jembatan Sambaliung (Doc. Pribadi)

o   Keraton Sambaliung
Keraton Sambaliung (Source : Google)

·       Tempat olahraga seperti gym dan studio senam pun ada.
Salah satu kolam renang yang merupakan fasilitas umum di Tj. Redeb (Doc. Pribadi)

·      Tempat wisata di Kabupaten Berau
Berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Berau sebagai berikut.
1.     Kepulauan Derawan di Kecamatan Pulau Derawan
2.     Danau Ubur - Ubur Pulau Kakaban
3.     Labuan Cermin Kecamatan Biduk-Biduk
4.     Kolam/Pemandian Air Panas Kecamatan Biatan
5.     Taman Buru Batu Putih di Kecamatan Talisayan
6.     Bekas Istana Kesultanan Gunung Tabur di Kecamatan Gunung Tabur
7.     Keraton Kesultanan Sambaliung di Kecamatan Sambaliung
8.   Makam Raja-Raja Kesultanan Gunung Tabur di tepi Sungai Berau dan Sungai KelayKecamatan Gunung Tabur
9.     Sentosa Park, wahana rekreasi air (waterboom) terbesar di utara Kaltim. (source : Wikipedia – Kab Berau)


Rekomendasi tempat wisata yang lebih lengkap di wilayah Kabupaten Berau dapat di liat via Instagram @asikkesini, @Berau_Asik yaa.
Sekian informasi yang bisa saya bagikan, kurang lebih begitu lah yaa, semoga bermanfaat terutama buat yg mau mutasi ke kota ini, enak loh disini, mau liburan gampang ^^

Comments